Nyeri Perut Saat Hamil

Hamil merupakan kodrat wanita, yang tentu saja menjadi sebuah keinginan setiap wanita yang sudah menikah.Namun banyak wanita yang sudah lama menikah belum juga bisa hamil. Kami dari tim," TIPS HAMIL", akan berbagi informasi terbaru dari dunia medis, agar para wanita bisa segera hamil dengan cepat dan mudah. Tentu saja tulisan lainya seputar wanita juga akan kami berikan.

 

Nyeri perut saat hamil sering dialami oleh wanita hamil. Meskipun masih terbilang wajar, tetapi ada juga nyeri perut yang wajib diwaspadai. Untuk itu, Anda harus memahami dan menentukan jenis nyeri selama kehamilan yang Anda alami. Seorang ibu akan mengalami berbagai jenis sakit perut pada berbagai tahap kehamilan. Rasa nyeri yang muncul pada tahap awal kehamilan itu sangatlah umum. Tetapi, begitu Anda memasuki trimester kedua kehamilan, rasa nyeri tersebut akan sangat jarang terjadi. Namun, jika rasa sakit itu terus terjadi selama kehamilan Anda. Segeralah periksakan ke dokter kandungan Anda untuk mencari tahu penyebabnya.


Penyebab Nyeri Perut Saat Hamil 

 1. Implantasi

Selama 2 sampai 6 minggu pertama kehamilan, janin mengimplan dirinya sendiri di dalam rahim. Ketika implantasi ini terjadi pada tahap awal kehamilan, wanita akan mengalami sedikit kram atau rasa nyeri. Anda mungkin seolah-olah merasakan kram menjelang menstruasi, padahal hal itu dikarenakan oleh aktivitas pertumbuhan janin di dalam rahim.

2. Perubahan hormonal

Kehamilan juga dikaitkan dengan perubahan hormonal. Beberapa perubahan hormonal bisa memicu kram perut. Hal ini juga terjadi pada tahap awal kehamilan.

3. Kehamilan ektopik

Kehamilan ektopik atau juga dikenal sebagai kehamilan di luar kandungan, adalah kehamilan abnormal yang terjadi di luar rongga rahim, di mana janin tidak dapat bertahan hidup dan seringkali tidak berkembang sama sekali.

4. Gerakan bayi

Setelah 5 sampai 6 bulan masa kehamilan, bayi akan mulai bergerak. Bayi juga bisa bergerak atau bahkan menendang secara tiba-tiba sehingga bisa menyebabkan shock atau kram pada perut ibu.

5. Keguguran

Pendarahan parah selama kehamilan adalah tanda keguguran. Jika Anda mengalami pendarahan dan rasa sakit yang tidak berhenti setelah setengah jam, Anda perlu untuk segera memeriksakan diri ke rumah sakit.

Lima hal ini perlu diperhatikan oleh para ibu hamil, khususnya bagi mereka yang baru pertama kali mengandung. Ingat, jangan pernah sepelekan keluhan kecil apapun yang Anda rasakan. Terutama apabila nyeri perut disertai dengan pendarahan atau pun flek.
Nyeri Perut Saat Hamil Nyeri Perut Saat Hamil Reviewed by Anna Bulgaria on 13:41 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.